Senin, 21 Oktober 2013

" Hal Kecil Jangan Sering Dilupakan "




Di kalangan masyarakat Indonesia khususnya dalam kehidupan sehari-hari baik anak kecil, remaja maupun dewasa sudah melupakan hal yang kecil, tetapi memiliki akibat yang fatal jika tidak dilakukan. Mengapa hal kecil tersebut sering dilupakan oleh semua orang atau keluarga?. Karena, menuru masyarakat hal tersebut adalah hal yang paling mudah, jadi mereka menyepelekan hal yang kecil dan menurut meraka tidak memiliki akibat yang besar jika tidak dilakukan. Padahal itu salah, untuk seluruh keluarga yang berada di dunia umumnya dan khususnya untuk masyarakat/keluarga di Indonesia tercint, mari kita budayakan hal yang kecil (seperti ; Menggosok gigi dengan teratur, Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, Membersihkan alat reproduksi setelah membuang air kecil atau besar, dsb) agar keluarga menjadi sehat dan terhindar dari segala ancaman penyakit. Apalagi buat orangtua yang memiliki anak kecil harus bisa mendidik anak dan mengajari anak untuk melakukan hal kecil tersebut dalam kehidupan sehari-hari sejak dini. Karena, anak kecil masih renta dengan suatu keadaan disekitarnya. Jika disekitarnya baik, maka anakpun akan melalukan yang terbaik khususnya dibidang kesehatan bagi tubuhnya. Namun jika disekitar lingkupnya buruk, maka anakpun akan malas untuk mengerjakan hal kecil yang kita bahas ini. Dan tidak hanya anak kecil yang menjadi sorotan artikel ini, tetapi anak remaja dan dewasa pun harus diperhatikan karena mereka tak peduli hal yang ribet, padahal ini adalah hal yang paling terkecil tetapi memiliki suatu manfaat yang luar biasa jika dilakukan. Dan disini saya akan menceritakan sedikitnya tentang hal kecil jangan sering di lupakan. Mari kita simak dan renungkan
                  Ada keluarga yang mengetahui pentingnya kesehatan dan kebersihan, keluarga tersebut terdapat Ayah, Ibu dan Satu anak laki-laki. Mereka sering melakukan hal yang kecil ini dalam kehidupan sehari-harinya, kerana menurut mereka hal tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan keluarganya. Sang ibu tak lelahnya mengingatkan suami dan anak laki-lakinya utuk melakukan hal kecil ini (seperti ; Menggosok gigi dengan teratur, Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, Membersihkan alat reproduksi setelah membuang air kecil atau besar, dsb). Memang sang ibu sangat sensitif terhadap hal tersebut, karena ini untuk kebaikan keluarganya. Di siang hari tepatnya ketika waktu makan tiba, dan anak laki-lakinya seusai pulang sekolah. Disekolah pastinya sang anak itu sudah menyentuh berbagai jenis benda yang ia sentuh di sekolah.
“ Assalamu’alaikum, ibu. Joe (Joe adalah panggilannya) pulang.” Ujar Joe
“ Wa’alaikumsalam,.” Ujar sang ibunda
                  Joe pun mencium tangan sang ibunda.
“ Eh, anak ibu sudah pulang. Bagaimana pelajarannya mudah di mengerti?” Tanya sang Ibunda
“ Hmm, Alhamdulillah. Joe mengerti apa yang guru sampaikan di kelas. Kan kata ibu harus konsetrasi dalam belajar jangan melamun, benar kan bu?” ujar Joe
“ Alhamdulillah, iya dong. Jika belajar jangan banyak melamun dan bercanda nanti apa yang disampaikan oleh ibu guru ga mengerti deh. Anak ibu cerdas sudah mau mendengarkan nasehat ibu, ibu bangga punya anak seperti kamu.” Ujar sang Ibunda
“ Ibu, aku mau kemar. Mau ganti pakaian setelah itu makan deh. Hehhehee sambil tertawa.” Ujar Joe
“ Hmmm, makan aja ini anak ibu pikirannya. Ya sudah kamu ganti baju, lalu ke meja makan karena ibu sudah menyiapkan semuanya di meja makan.” Ujar sang Ibunda sambil mengusap kepala Joe
                  Dan Joe pun menuju kamarnya untuk mengganti pakaiannya. Beberapa menit kemudian, Joe pun telah selesai mengganti pakaiannya. Lalu, Joe pun menuju ke meja makan, karena sang ibunda telah menunggu Joe di meja makan untuk makan siang bersama. Dan tak lama ia pun tiba di meja makan.
“ Ibu, maaf ya. Aku lama ganti bajunya, pasti ibu sudah lapar.” Ujar Joe sambil memeluk ibunya dari belakang dan mencium pipi sang ibunda.    
                  Dan Joe pun duduk di kursi yang telah ada dan menyiapkan peralatan makannya. Tetapi ketika ia ingin mengambil nasi dsb. Ibu mengingatkan Joe apakah sudah mencuci tangan atau belum.
“ Eh, anak ibu. Nanti dulu, kamu sudah cuci tangan belum nih?” Tanya sang Ibunda
“ Eh, hmmm, belum bu.” Ujar Joe dengan wajah yang tersenyum malu
“ Ya, sudah kamu cuci tangan dulu. Biasakan dong, ibu sudah bilang hal kecil ini jangan kamu lupakan. Sana cuci dulu tanganmu.” Ujar sang Ibunda
“ Maaf, ibu. Joe lupa. Ok Joe akan selalu ingan dengan hal kecil ini.” Ujar Joe
“ Joe,,,Joe…. Kamu ini.” Ujar sang Ibunda ketika Joe sudah pergi menuju tempat cuci tangan
                  Beberapa menit kemudian, Joe pun tiba kembali di meja makan dengan keadaan tangannya sudah bersih. Lalu ia pun makan makanan yang sudah sang ibunda siapkan untuknya.
“ Ibu, ini aku sudah cuci tangan. Udah bisa makan kan bu? Hhehee” ujar Joe
“ Nah, gitu dong. Anak ibu harus ingat selalu hal ini.” Ujar sang Ibunda
                  Joe dan sang Ibunda pun menyantap makan siang tersebut dengan tertib (tidak ada suara apapun dimeja makan ketika sedang makan). Dan tak lama mereka pun telah menyelesaikan makan siang tersebut. Dan sang ibunda mengingatkan kembali tentang hal kecil ini.
“ Joe, ayo kamu jangan lupa sesudah makan apa yang kamu lakukan.?” Ujar sang Ibunda
“ Siap, mencuci tangan pastinya bu.” Ujar Joe sambil berdiri dengan sedikit suasana yang lucu dengan tingkah Joe.
                  Sang ibunda dan Joe pun merapikan meja makan, dan membawa piring kotor tersebut ke dapur. Joe dan sang ibunda pun mencuci tangannya, lalu mereka mencuci piring yang kotor tersebut. Setelah mencuci piring, Joe diajak oleh ibunya ke halaman belakang rumah yang sangat sejuk dan hijau.
“ Nak, mari kita ke halaman belakang rumah.” Ujar sang Ibunda
“ Baik, ibu.” Ujar Joe
                  Mereka pun menuju ke halaman belakang rumahnya yang sejuk dan hijau itu. Dan Joe sebelum ke taman ia menyiapkan dua gelas air susu untuknya dan sang ibunda.
“ Ibu ini. Aku buatkan susu untuk ibu.” Ujar Joe sang ibunda yang sudah duduk dikursi halaman belakang ini.
“ Hmm, anak ibu nih. Bisa aja. Terima kasih, anaku yang cerdas.” Ujar sang Ibunda
“ Sama-sama, ibu. Oh, ya bu. Ada apa ibu suruh aku kemari?” ujar Joe
“ Sini nak, duduk. Begini, nak. Ibu ingin memberitahu tentang hal kecil yang selalu ibu katakana sama kamu mungkin hamper tiap hari ibu ingatkan sama ayah dan kamu. Ini nak, hal kecil yang harus kamu sering lakukan dalam sehari-hari :
1.      Menggosok gigi dengan teratur
2.      Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
3.      Membersikan alat reproduksi setelah membuang air kecil ataupun besar
4.      Dsb.
                  Walau ini hal yang sangat sepele, tetapi memiliki banyak manfaat yang kita dapatkan ketika kita lakukan. Seperti :
1.      Gigi semakin kuat dan tidak mudah sakit gigi atau pun ompong
2.      Mendapatkan nilai gizi yang cukup
3.      Dan terhindar dari segala penyakit kecil maupun besar
Mengerti nak?” ujar sang Ibunda
“ Hmm, begitu ya bu. Ok aku mengerti bu. Oh, ya bu minum air susunya nanti dingin ga enak loh.” Ujar Joe
“ Baik, nak.” Ujar sang Ibunda
                  Dan mereka pun minum air susu sapi yang telah dibuatkan oleh Joe. Singkat cerita malam hari pun tiba, ketika ingin meranjak ke kamar untuk istirahat (tidur). Sang ibunda mengingatkan sang ayah dan Joe untuk melakukan hal kecil yaitu menggosok gigi sebelum tidur.
“ OOUHHH,” ujar sang ayah dan Joe yang sudah mengantuk terasa ingin langsung masuk kamar dan tidur.
                  Ketika mereka ingin masuk kamar, tiba-tiba suara sang ibunda pun terdengar oleh mereka berdua.
“ Eh,,,, Ayah, Joe. Jangan lupa sebelum tidur kalian harus ngapain nih?” ujar sang ibunda
“ Hmmm,,, dengan wajah yang terkejut. Oh, iya gosok gigi dulu.” Ujar sang ayah dan Joe dengan kompak mereka bicara itu.
“ Ayo, ayah kita gosok gigi.” Ujar Joe
“ Let’s go. Nak.” Ujar sang Ayah sambil merangkul Joe menuju kamar mandi
                  Dan mereka pun melaksanakan itu, beberapa menit kemudian mereka selasai dan menuju kekamarnya masing-masing untuk tidur.
                  Nah, bagaimana apakah kalian ingin seperti keluarga yang diatas, mereka selalu melakukan hal kecil yang memiliki manfaat yang luar biasa. Walaupun si ayah dan Joe harus sering diingatkan, jadi suasana keluarga menjadi hangat dan harmoni antara orangtua dan anak menjadi suatu teman yang dapat memberikan hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Buat orangtua yang ada di Indonesia lakukanlah hal kecil ini dengan berbagai cara agar keluarga kita terhindar dari ancaman penyakit yang datang dari hal kecil. Dan buatlah keluarga kita menjadi lebih harmonis dan hangat dengan saling mengingatkan dalam hal kecil. SALAM SUKSES

SELESAI…
Semog Bermanfaat :D

Karya : Joni Affandi

Perlombaan menulis yang diselenggarakan 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar